Contoh SK Peraturan Akademik Sekolah

Pada masa modern ini, peraturan akademik tidak hanya dimiliki oleh Universitas atau kampus-kampus saja, tetapi Sekolah setingkat SMP pun sudah memiliki peraturan akademik sendiri. Peraturan akademik di sekolah sebenarnya merupakan salah satu bentuk tata tertib sekolah. Peraturan akademik berisi aturan-aturan tertentu tentang hak dan kewajiban siswa selama menjadi peserta didik di suatu sekolah.

Dalam penerbitan atau peresmian Peraturan Akademik sekolah, perlu dilakukan dengan mekanisme penerbitan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Peraturan Akademik Sekolah. Surat keputusan tersebut dalam hal ini berisi tentang aturan-aturan yang secara sah akan diterapkan di sekolah.

Peraturan akademik sekolah ini wajib diketahui dan ditaati oleh semua siswa sehingga wajib disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah. Peraturan Akademik dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan sekolah.

Berikut ini kami berikan Contoh SK Peraturan Akademik Sekolah, yang diambil dari SMP Negeri 2 Bobotsari Purbalingga. Thanks for sharing!



PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 BOBOTSARI
Jalan Kenduruan Bobotsari Telp. (0281)759158
BOBOTSARI 53357

 

SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 BOBOTSARI
KABUPATEN PURBALINGGA
Nomor                        : 421 /095 / 2009

Tentang

PERATURAN AKADEMIK SEKOLAH

Yang bertanda tangan dibawah ini                 :

Nama                           : Amtorunajah,S.Pd.
NIP.                             : 131267286/19600317 198303 1 007
Jabatan                        : Kepala Sekolah
Unit Kerja                   : SMP Negeri 2 Bobotsari

Untuk kepentingan proses belajar mengajar dan ketertiban bagi siswa sesuai rapat Dewan Pendidikan, Dewan Guru dan Kepala Sekolah maka Kepala sekolah memutuskan Peraturan Akademik SMP Negeri 2 Bobotsari sebagai berikut :

PERTAMA    : Persyaratan minimal siswa mengikuti test akhir semester harus masuk sekurang    kuranganya 2/3 dari hari efektif sekolah,

KEDUA        : Seluruh mata pelajaran yang diajarkan telah mengikuti ulangan / remidi sekurang –   kurangnya 3 kali,

KETIGA      : Siswa memiliki hak menggunakan seluruh fasilitas belajar yang disediakan sekolah termasuk Laboratorium, Perpustakaan, dan buku pegangan/buku referensi,

KEEMPAT     : Siswa berhak melakukan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas, dan BP dengan ketentuan tidak mengganggu jam pelajaran,

KELIMA      : Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya,

KEENAM        : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.


Ditetapkan di     : Bobotsari
Pada tanggal      : 13 Juli 2009

Kepala Sekolah




Amtorunajah,S.Pd.
                                                                                              NIP. 19600317 198303 1 007

Unduh file aslinya di link berikut :
http://adf.ly/1LlrfU

Itu tadi adalah salah satu contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Peraturan Akademik Sekolah. Jika kita perhatikan, isi dari peraturan tersebut hanya beberapa item saja sehingga dapat dikatakan Peratutan Akademik ini adalah sebuah pembaharuan peraturan yang sudah ada sebelumnya. Baik demikian tadi contoh sk peraturan akademik sekolah, Semoga bermanfaat ya bro!
Previous
Next Post »