Sekolah Tidak Mendapatkan BOS pada aplikasi Dapodikdas? Ini Solusinya


Mengerjakan aplikasi Dapodikdas, sebaiknya sambil ngopi....

Jika anda adalah operator baru aplikasi Dapodikdas, pasti anda akan dibuat pusing oleh aplikasi pendataan yang satu ini. Pada aplikasi Dapodikdas versi 4.0 ini, ada salah satu bug yang cukup membuat pusing operatorm yaitu pada dashboard akan tampil bahwa sekolah anda tertulis Tidak Menerima BOS. Hah, yakin sekolah anda tidak menerima BOS?

Konon, memang data penyaluran dana BOS dari pemerintah pusat didapatkan dari aplikasi Dapodikdas ini sehingga memang sekolah wajib mengisikan data sesuai dengan keadaan sebenarnya. Misalkan menerima BOS ya wajib diisi dengan menerima BOS.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah kecil yang bisa anda lakukan. Simak tips berikut ini :

1. Masuk ke menu Sekolah, kemudian lihat pada Data Rinci Sekolah tab Data Periodik
2. Disitu terlihat ada sebuah pertanyaan "Menerima BOS?" dengan 2 opsi pilihan yaitu Bersedia dan Tidak Bersedia.

3. Ubah pilihan menjadi Tidak Bersedia kemudian klik Simpan.
4. Kembali ke beranda Dapodikdas Anda, lakukan refresh halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard anda. Setelah di refresh, dashboard akan menampilkan bahwa sekolah anda Tidak Menerima BOS.
5. Kembali lagi ke menu sekolah, Data Rinci Sekolah pada tab Data Periodik. Ubah kembali pilihan Menerima BOS dari Tidak Bersedia menjadi Besedia. Klik Simpan.
6. Klik Beranda dan Lakukan refresh dengan tombol F5.
7. Kini status Menerima BOS sekolah anda sudah berganti menjadi "Ya"


Jika sudah melakukan langkah di atas namun tetap gagal, coba ulangi langkah tersebut sampai bisa. Beberapa pendapat mengatakan bahwa masalah ini bisa diatasi dengan mengisi pertanyaan Jalur Internet 2, namun saya sendiri dapat melakukannya dengan langkah yang sudah saya tulis di atas.

Itu tadi adalah cara mengubah Menerima BOS pada aplikasi Dapodikdas. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan dalam mengerjakan semua aktifitas pendataan. Salam Sukses!
Previous
Next Post »