Contoh Program Kerja Tahunan Sekolah

Hai gaiss, Program kerja tahunan sekolah ini sangat penting dimiliki oleh sekolah. Tapi Program kerja Tahunan Sekolah ini juga sangat penting sekali keberadaannya dalam rangka menghadapi Akreditasi Sekolah.

Setiap Sekolah pasti sudah mempunyai yang namanya program kerja tahunan sekolah ini, akan tetapi tidak ada salahnya kita membagikan sebuah referensi Program Kerja Tahunan Sekolah. Ok lik?

Program kerja Tahunan Sekolah ini berisi latar belakang, profil sekolah, kegiatan yang akan dilaksanakan, analisis SWOT, lengkap dengan anggarannya.

Berikut ini adalah contoh program tahunan sekolah yang direkomendasikan :


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan calon-calon penerus pembanguan masa depan yang sabar, kompeten, mandiri, kritis, rasional, kreatif dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal terhadap penciptanya. Bahwa apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak Illahi yang harus dihadapi dan disyukuri.
Berdasarkan kepentingan tersebut SMA Negeri 1  Cikembar sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.
Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah program peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.



B.     DASAR HUKUM
  1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
  3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal    19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal    04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
  6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
·         Memberikan gambaran yang jelas tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun ( jangka panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2006/2007 (jangka pendek).
·         Sebagai pedoman kerja semua personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar, megelola dan membina kegiatan pelajaran tahun pelajaran 2006/2007.

Tujuan program kerja ini :
·         Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung
·         Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan sekolah
·         Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja
·         Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.
D.    RUANG LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program kerja ini meliputi :
a.       Program kerja jangka panjang ( 8 tahunan )
b.      Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c.       Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan )


E.     SASARAN PROGRAM
Sasaran program kerja ini adalah memperlancar kegiatan sekolah yang meliputi ke tiga program kerja tersebut.
 

BAB II
PROFIL SEKOLAH



A.    Visi Misi dan Tujuan Sekolah
a.            Visi Sekolah
Terdidik, Terlatih Berdasarkan Iman dan Taqwa (TERBIT).
b.            Misi Sekolah
q  Meningkatkan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
q  Memberikan keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma ajaran agama yang dianutnya.
q  Menumbuhkan pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
q  Melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
q  Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
q  Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa baik secara akademik maupun non akademik.
q  Melaksanakan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.





c.             Tujuan Sekolah
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan masyarakat.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat Kabupaten.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu hidup secara mandiri.

B.     DATA SEKOLAH
1.         Nama Sekolah                     : SMAN 1 Cikembar
2.         Status                                  : Negeri
3.         N I S                                    : 300070
4.         NSS                                     : 301020614007
5.         Alamat Sekolah                   : Jl.Pelabuan.II Km.20
Desa                                     : Cikembar
Kabupaten/Kota                  : Kabupaten Sukabumi
Propinsi                                : Jawa Barat
Nomor Telpon                     : (0266)321632
6.         Nomor Rekening                 : 0006-041952-101
Nama Bank                         : Bank JABAR Cabang Sukabumi

B.         KEPALA SEKOLAH
Identitas Diri
1.         Nama Lengkap                    : Drs.H.ROSIM
2.         NIP                                      : 131260906
3.         Pangkat Gol./Ruang            : Pembina/IV.b
4.         Tempat/Tgl.lahir                  : Sumedang, 20 Okktober 1959
5.         Jenis Kelamin                      : Laki-laki
6.         Agama                                 : Islam
7.         Status Perkawinan               : Kawin
8.         Alamat Rumah                    : Jl. Purwasedar Jampang Kulon
Nomor Telpon                     : (0266)490281

Riwayat Pendidikan
No
Jenis Pendidikan
Tahun Tamat
Tempat
Keterangan
1
SD Negeri
1972
Sumedang
Berizajah
2
SMP Negeri
1975
Sumedang
Berizajah
3
SMA Negeri
1979
Sumedang
Berizajah
4
IKIP Negeri
1990
Bandung
Berizajah
S1/A.IV

C.        Sumber Daya Tenaga Edukatif dan Administratif
1.       Data Keadaan Guru Tahun Pelajaran 2005/2006 terlampir
2.       Data Kelebihan Kekurangan Guru (DSO) terlampir
3.       Data Tenaga Administratif terlampir

D.        Data Siswa
1.       Jumlah Rombongan Belajar : 21 Rombongan Belajar
Kelas  X                                           :  7 Rombongan Belajar
Kelas  XI                                          :  7 Rombongan Belajar
Kelas  XI IPA                                  :  3 Rombongan Belajar
Kelas  XI IPS                                   :  3 Rombongan Belajar
Kelas Bahasa                                    :  1 Rombongan Belajar
Kelas  XII                                        :  7 Rombongan Belajar
Kelas  XII IPA                                :  2 Rombongan Belajar
Kelas  XII IPS                                 :  5 Rombongan Belajar
2.       Jumlah Siswa
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
X
120
176
296
XI  IPA
43
66
109
XI  IPS
96
66
162
III IPA
26
45
71
III IPS
119
95
214
Jumlah
404
448
852

3.        Jumlah Penerima Beasiswa : 98   Orang
a.       Prestasi                              : 15  Orang
b.      BKM                                 : 80  Orang
c.       Dekdikbud                                    :  3   Orang

E.         Daftar Tamatan
Tahun
pelajaran
Tamatan
(%)
Rerata NEM / UAN
Siswa yang lanjut ke PT (%)
Jumlah
Target
Hasil
Target
Jumlah
Target
2001/2002
100
100
32,32
32,75
11
15
2002/2003
96
100
67,587
68,587
15
20
2003/2004
100
100
68,50
69,00
25
30
2004/2005
100
100







F.         Kegiatan Ekstrakulikuler Yang Diselenggarakan Sekolah
1.       Pramuka
2.       Palang Merah Remaja
3.       Remaja Masjid
4.       Kelompok Ilmiah Remaja
5.       Olah Raga

G.        Prestasi Yang Diperoleh Siswa-Siswi SMAN I Cikembar

Tahun
Bidang
0Prestasi
Keterangan
2001/2002
Olah Raga
Juara II Sepak Bola
Ko/Kab.
2002/2003
LKBB
Kesenian

Juara 3
Juara 3 Chers Leaders
Masuk 10 besar
Kab.
Kab

2003/2004
Akademik
Juara I Cerdas Cermat Kimia.
Ko/Kab
Ekstra Kurikuler
Juara I LCTK PMR
Juara II Du Wira PMR
Juara I Jejak Pramuka
Juara II Jejak Pramuka
Juara II Lomba Lagu Pendidikan
Juara II LKBB Paskibra
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab

Ko/Kab
Olah Raga
Juara I Bola Voly (GIBAS CUP)
Juara II Bola Voly (GEBYAR SMANSA)
Juara II Bola Voly (STAI Darus Salam)
Ko/Kab

Ko/Kab

Ko/Kab

2005/2006
Olah Raga
Juara 1 Putri Bola Volly Gebyar SEMANTI
Juara 1 Putri Bola Volly Gebyar SEMANSA
Ko/Kab

Ko/Kab

H.        Sarana dan Prasarana

Gedung /ruang
Jumlah
Luas (m2)
Keterangan
Baik
Rusak
Teori/Kelas
16
936
10
6
Ruang Guru
1
120
1
-
R.Tata Usaha
1
42
1
-
R.Kep.Sekolah
1
24
1
-
Ruang Osis
1
36
1
-
R.Kesiswaan
1
12
1
-
Ruang BP
1
6
1
-
Laboratorium
1
120
1
-
Perustakaan
1
120
1
-
Ibadah
1
110
1
-
TI
1
72
1
-
Toilet
6
24
2
4




BAB II
PROGRAM JANGKA PANJANG DAN
JANGKA MENENGAH


A.    PROGRAM JANGKA PANJANG SMA NEGERI 1 CIKEMBAR PERIODE TAHUN 2006/2007

Prioritas program kegiatan jangka panjang tahun 2006/2007 dititik beratkan pada peningkatan mutu, meliputi :
1.      Menyusun strategi pelaksanaan pengembangan profesional guru dan TU melalui IHT, penataran, diklat, seminar maupun pendidikan jalur strata.
2.      Melengkapi dokumen kurikululm 2004 dengan kurikulum internasional
3.      Meneyelenggarakan sekolah sekolah yang berstandar internasional
4.      Mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum 2004 secara lengkap dan menyeluruh
5.      Meningkatkan kompetensi guru dalam rangka pelaksanaan KSPBK dan life skill
6.      Mengembangakan model pembelajaran melalui jaringan internet (website)
7.      Merencanakan dan melaksanakan ujian nasional dan dapat mengatasi permasalahan yang timbul pada tahap proses kelulusan.
8.      Identifikasi impikasi pelaksaan kurikulum berbasis kompetensi terhadap manajemen sekolah.
9.      Merenvanakan dan melaksanakan School Reform and Classroom dalam kontek MPMBS.
10.  Mengembangkan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi diri.
11.  Mengembangkan manajemen sekolah yang transparan, akuntabilitas, kolaborasi, kemandirian, kondusif, berdasarkan kontek MPMBS
12.  Mengembangkan kultur sekolah yang kondusif dan memotivikasi belajar siswa serta mengembangkan hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
13.  Pengembangan program inovasi dan kreativitas siswa serta program pemberantasan narkoba dan sex bebas.
14.  Mengembangkan administrasi sekolah melalui komputerisasi data dan jaringan internet.
15.  Melengkapi bangunan gedung sekolah.
16.  Melengkapi bangunan Lab IPA
17.  Membangun Gedung olah raga dan kesenian


B.     PROGRAM JANGKA MENENGAH SMA NEGERI 1 CIKEMBAR PERIODE TAHUN 2006/2007
No
Jenis
Program
Uraian
Program
Strategi
1.
Kurikulum dan Pembelajaran
·     Pengembangan Kurikululm nasional dan mengadopsi kurikulum internasional



·     Peningkatan mutu proses pembelajaran
1.      Memberdayakan fungsi litbang
2.      Mengadakan workshop
3.      Mengadakan study banding
4.      Merevitalisasi internet
1.      Mengadakan IHT
2.      Merevitalisasi MGMP dan MGP
3.      Melaksanakan clasroom reform
4.      Retorientasi pembelajaran
5.      Melaksanakan penelitian tindakan kelas
6.      Mengadakan supervisi kelas
7.      Melengkapi media, sumber alat dan ajar
2.
Kesiswaan
·     Organisasi kesiswaan
·     Latihan kepemimpinan
·     Ekstrakulikuler
·     Kegiatan wawasan wiyatamandala

1.      Meningkatkan organisasi yang berorientasi pada iptek dan imtak
2.      mengadakan hubungan kerjasama dengan organisasi serupa di luar negeri
3.      meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wawasan wiyatamandala
4.      mengadakan IHT kepemimpinan siswa
5.      Mengadakan studi banding ke organisasi OSIS lain yang sudah mapan
6.      Memiliki jumlah dan mutu ekstrakulikuler yang memadai
7.      Mendirikan kelompok ilmiah remaja
8.      mengadakan lomba K6 tiap tahun
9.      Meningkatkan interaksi yang harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan



3.
Ketenagaan
Peningkatan profesionalisme guru dan karyawan
1.      Pembinaan secara rutin
2.      Mengadakan Work Shop
3.      Mengadakan IHT
4.      Mengikutsertakan guru dan staf  TU ke penataran, pelatihan, seminar, dan MGMP/MGP
5.      Melengkapi referensi sesuai dengan kebutuhan
6.      supervisi internal secara berkala
4.
Sarana prasarana

·     Pengadaan sumber, media, alat pembelajaran sesuai SPM
·     Membangun lab bahasa, lab. Biologi, lab. Kimia dan fisika
·     Membangun gedung olah raga dan kesenian
·     Menata taman belajar
·     Memperluas jaringan internet
1.      Menginventasi sarana dan prasarana yang ada
2.      merencanakan pemeliharaan pengadaan dan rehabilitasi sapras
3.      mengadakan pemeliharaan, rehabilitasi dan pengadaan sapras
5.

Daya dan Biaya
·     Bersama komite sekolah melakukan penggalangan dana dari ; Orang tua siswa, masyarakat, dunia usaha
·     Mengajukan permohonan bantuan dana dari APBN dan APBD
·     Menghimpun dana abadi pendidikan
1.      Menyusun RAS dan DAS sekolah
2.      Memilih petugas yang cakap dan jujur
3.      menyelenggarakan pengadmistrasian keuangan yang transparan dan akuntabilitas
4.      Membuat lap. keuangan
6.
Manajemen
·     Melaksanakan School reform and classroom reform
·     Melaksanakan action reseacrh
·     Mengadakan supervisi internal
1.      Menyusun program perencanaan
2.      pengorganisasian staf
3.      Pengadminstrasian
4.      Pelaksanaan kegiatan
5.      Evaluasi kegiatan

7.
Hubungan Masyarakat
·     Pertemuan komite sekolah ; Rapat pleno, Rapat bulanan, Rapat khusus.
·     Hubungan kerjasama  dengan ; lembaga pendidikan, dunia usaha/kerja dan instasi terkait.
1.      Pertemuan rutin dan berkala dengan komite sekolah
2.      Mengadakan dan memperbaharui MOU dengan rekanan
3.      Mengevaluasi hasil kerja.




BAB III
PROGRAM KERJA TAHUNAN


C.    Visi Misi dan Tujuan Sekolah
d.            Visi Sekolah
Terdidik, Terlatih Berdasarkan Iman dan Taqwa (TERBIT).
e.             Misi Sekolah
q  Meningkatkan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
q  Memberikan keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma ajaran agama yang dianutnya.
q  Menumbuhkan pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
q  Melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
q  Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
q  Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa baik secara akademik maupun non akademik.
q  Melaksanakan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.
 
f.             Tujuan Sekolah
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan masyarakat.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat Kabupaten.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta.
q  Pada tahun pelajaran 2006/2007 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu hidup secara mandiri.


D.    IDENTITFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1.            Perangkat Kurikulum Tahun 2004 belum lengkap, tantangan nyata; perlu melengkapi perangkat kurikulum tahun 2005.
2.            Belum memiliki Dokumen/perangkat kurikulum sekolah berstandar internasional, tantangan nyata: Perlu mengupayakan tersedianya dokumen/perangkat kurikulum sekolah berstandar internasional.
3.            Masih adanya guru dan Tata Usaha yang masih belum faham tentang kurikulum dan sistem pengujian berbasis kompetensi, tantangan nyata: perlu adanya sosialisasi implementasi kurikulum dan sistem pengujian berbasis kompetensi (KSPBK) dan pembekalan kecakapan hidup (life skill) melalui penataran.
4.            Kompetensi guru terhadap KSPBK masih kurang, tantangan nyata: perlu adanya peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan pelaksanaan KSPBK dan life skill melalaui penataran.
5.            Silabus untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) belum tersusun, tantangan nyata: Melalui In House Training (IHT) perlu diadakan penyusunan silabus berdasarkan KurikulumBerasis Kompetensi (KBK) untuk setiap mata pelajaran yang telah megintegrasikan life skill.
6.            Belum tersusunnya perangkat perangkat penilaian berdasrakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, tantangan nyata: Melaui MGMP perlu penyusunan perangkat Penilaian Berbasis Kompetensi untuk setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill.
7.            Penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan masih belum optimal dilaksanakan oleh guru, tantangan nyata: optimalisasi penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan (joyful learning).
8.            Komputerisasi data personil dan data siswa belum lengkap dan menyeluruh, tantangan nyata: peningkatan komputerisasi data personil dan data siswa yang lengkap dan menyeluruh.
9.            Belum optimalnya pemberdayaan administrasi dan manajemen sekolah, tantangan nyata: mengoptimalkan pemberdayaan administrasi dan menajemen sekolah.
10.        Belum memiliki rekanan kerjasama dengan lembaga pendidikan di luar negeri, tantangan nyata: mengadakan  rekanan dengan lembaga pendidikan yang berada di luar negeri/lembaga pendidikan di dalam negeri yang berstandar.
11.        Pada saat ini memiliki 1 ruang laboratorium IPA (Kimia) yang kondisi ruangannya rusak berat dan satu laboratorium komputer yang peralatannya belum legkap, tantangan nyata: 1) membangun 2 Ruang laboratorium IPA (Fisika dan Biolgi) serta melengkapi meubelair dan peralatannya, 2) melengkapi peralatan Laboratorium Komputer, 3) membangun Laboratorium Bahasa dengan meubelair dan peralatannya.
12.        Pagar depan sekolah yang belum tertata dengan rapi, tantangan nyata: menata pagar depan sekolah agar terlihat rapi.
13.        Sekolah belum memiliki jaringan air bersih yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan warga sekolah, tantangan nyata: pengadaan jaringan air bersih melalui peralonisasi.
14.        Sekolah memiliki halaman yang luas, tetapi belum tertata dengan baik, tantangan nyata: menata ulang halaman sekolah agar indah, rapi, bersih dan nayaman.
15.        Sekolah belum memanfaatkan kebun sekolah yang luasnya kurang lebih 1 (satu) hektar untuk kegiatan pembelajaran dengan baik, tantangan nyata: menata dan merenovasi kebun menjadi taman baca dan tempat kegiatan prose pembelajaran yang sejuk, nyaman dan rindang.
16.        Kekurangan 4 (empat) lokal kelas yang memiliki fasilitas dan berstandar iternasioal dan memadai, tantangan nyata: Membangun 4 (emoat) lokal ruag yang dilengkapai oleh meubelair dan peralatan berstandar internasional.
17.        Sumber, media, dan alat pembelajaran berupa 3 (tiga) buah televisi, 3 (tiga) buah VCD, 1 (satu) buahn in focus dan 1 (satu) buah laptop serta melengkapi alat pembelajaran yang berteknologi tinggi.
18.        Masih ada guru yang kualifikasinya di bawah S-1, tantangan nyata: sekolah memfasilitasi tenaga guru untuk meningkatkan kinerja guru melalui studi lanjut.
19.        Profesioalisme guru dan tenaga tata usaha belum maksimal, tantangan nyata: memfasilitasi tenaga guru dan tata usaha untuk mengembangkan profesionalisme melalui IHT, Work Shop, Pelatihan, Penataran dan sejenisnya.
20.        Juumlah guru mata pelajaran yang statusnya PNS masih kurang, tantangan nyata: Mengusulkan agar secepatnya mengadakan pengengkatan guru PNS untuk SMA Negeri 1 Cikembar.
21.        Jumlah Personil Tata Usaha masih kurang, tantangan nyata: melengkapi jumlah personil melalui pengangkatan PNS/Honorer.
22.        Belum memiliki tenaga laboran, tantangan nyata: mengangkat 1 (satu) orang tenaga laboran.
23.        Belum memiliki tenaga khusu keamanan, tantangan nyata: mengangkat 1 (satu) tenaga keamanan / SATPAM.
24.        Rata-rata siswa yang fasih berbicara Bahasa Inggris pada saat ini 5%, tantangan nyata: pada tahun 2005 jumlah siswa yang fasih berbicara Bahasa Ingrris 30%.
25.        Pada saat ini belum memiliki kelompok siswa yang bergabung dengan English Club, tantangan nyata: Pada Tahun 2006 telah memiliki kelompok siswa yang tergabug dengan English Club.
26.        Pada saat ini hanya memiliki 1 siswa yang lolos ke Olympiade IPA ke tingkat Kabupaten, tantangan nyata: tahun 2006 memiliki 6 (enam) siswa yang lolos tingkat Kabupaten dan menjadi wakil kabupaten untuk tingkat propinsi.
27.        Pada saat ini belum memiliki siswa yang berprestasi dalam berbagai lomba kebahasaan tingkat propinsi, tantangan nyata: pada tahun 2006 memiliki sejumlah siswa yang berprestasi dalam bidang bahasa tingkat propinsi.
28.        Pada saat ini belum mampu meraih  kegiatan olahraga yang berprestasi pada tingkat provinsi, tantangan nyata: meningkatkan prestasi dalam bidang olah raga sampai tingkat nasional.
29.        Budaya baca pada siswa masih rendah, tantangan nyata: Meningkatkan gemar membaca pada siswa melalui program 1 jam wajib baca/minggu.
30.        Dana yang tersedia untuk peningkatan profesional guru dan staff tata usaha masih rendag, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan dana untuk mengembangkan profesionil sekolah.
31.        Dana untuk peningkatan kreativitas dan kualitas belajar siswa masih rendah, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan dana/biaya untuk pengembangan kreativitas siswa dan peningkatan kualitas belajar siswa.
32.        Sekolah belum memiliki dana abadi, tantangan nyata: merintis tersedianya dana abadi.
33.        Pada Tahun Ajaran 2004-2005 siswa lulusan yang  diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit hanya 10%, tantangan nyata: Pada Tahun Ajaran 2005/2006 diupayakan meningkat menjadi 20%.
34.        Pada saat ini belum memiliki group nasyid, tantangan nyata: membentuk dan melatih 2 group kesenian nasyid.
35.        Membina hubungan kerjasama dengan Komite Sekolah, orang tua dan masyarakat, Tantangan nyata: meningkatkan hubungan kerjasama yang harmonis antara sekolah, komite sekolah, orang tua dan masyarakat.
36.        Sekolah belum memiliki forum komunikasi dengan alumni yang permanen, tantangan nyata: membentuk forum komunikasi alumni SMA Negeri 1 cikembar yang permanen.
37.        Kultur sekolah belum terealisasikan dalam keseluruhan aktivitas sekolah, tantangan nyata: membangun kultur sekolah yang terinternalisasikan dalam keseluruhan aktifitas sekolah dan menjafi bagian yang tidak terpisahkan dengan warga sekolah.


E.     SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH.
Sasaran SMA Negeri 1 Cikembar untuk Tahun 2006/2007 adalah sebagai berikut:
1.            Melengkapi perangkat kurikulum
2.            Mengupayakan tersedianya dokumen/perangkat kurikulum sekolah yang berstandar internasional.
3.            Melaksanakan sosiasilasi dan impelementasi KSPBK dan Life Skill.
4.            Peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan KSPBK dan life skill.
5.            Mengadakan IHT untuk menyusun perangkat penilaian berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill.
6.            Melaksanakan MGMP untuk menyusun perangkat penilaian berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill.
7.            Mengoptimakan penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan (Joyfull learning).
8.            Peningkatan komputerisasi data personil dan data siswa yang lengkap dan meyeluruh.
9.            Mengoptimalkan pemberdayaan administrasi dan menejemen sekolah.
10.        Mengadakan rekanan dengan lembaga pendidikan yang berada di luar negeri/di dalam negeri yang berstandar internasional.
11.        Melengkapi laboratorium fisika dan laboratorium komputer, serta membuat laboratorium biologi, kimia, dan bahasa.
12.        Pengadaan jaringan air bersih.
13.        Penataan halamn sekolah.
14.        Menata dan merenovasi kebun sekolah menjadi taman baca dan tempat kegiatan belajar mengajar.
15.        membangun 4 (empat) lokal ruang kelas yang dilengkapi dengan peralatan yang berstandar internasional.
16.        Melengkapi sumber, media dan alat pembelajaran.
17.        Memfasilitasi guru untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan bidangnya.
18.        Memfasilitasi guru dan tenaga TU untuk mengembangkan profesioalismenya.
19.        Mengusulkan penempatan guru PNS di SMA Negeri 1 Cikembar.
20.        Melengkapi jumlah personil TU.
21.        Mengangkat tenaga laboran.
22.        Mengangkat tenaga satuan pengamanan
23.        Memiliki 30% siswa yang fasih berbahasa Inggris
24.        Memiliki kelompok siswa yang tergabung dalam English Club.
25.        Memiliki siswa yang lolos seleksi Olympiade IPA tingkat kabupaten dan propinsi.
26.        Memiliki siswa yang berprestasi di bidang bahasa tingkat propinsi.
27.        Peningkatan prestasi olahraga I tingkat nasional.
28.        Menigkatkan budaya baca di lingkungan sekolah.
29.        Peningkatan dana untuk mengembangkan profesionalisme personil sekolah.
30.        Peningkatan dana untuk pengembangan kreativitas siswa dan kualitas belajar siswa.
31.        Merintis tersedianya dana abadi.
32.        Meningkatkan jumlah siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi negeri favorit.
33.        Membentuk Group nasyid.
34.        Meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah, komite sekolah, orang tua dan masyarakat.
35.        Membentuk forum komunikasi Alumni SMA Negeri 1 Cikembar
36.        Membangun kultur sekolah yang berinternalisasikan dalam seluruh aktivitas sekolah.


Nah itu tadi contoh program kerja tahunan sekolah yang kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat yak! sukses terus pendidikan Indonesia.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
January 21, 2017 at 6:07 AM delete

terimakasih ilmunya,siap untukmaju

Reply
avatar