BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1)
dinyatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin
peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen
pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan calon-calon
penerus pembanguan masa depan yang sabar, kompeten, mandiri, kritis, rasional, kreatif
dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal terhadap
penciptanya. Bahwa apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak
Illahi yang harus dihadapi dan disyukuri.
Berdasarkan kepentingan tersebut SMA Negeri 1 Cikembar sebagai salah satu instansi yang
terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk
melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan
berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.
Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah program peningkatan
mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka
menengah dan jangka pendek.
B. DASAR HUKUM
- Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
- Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang
Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor :
087/U/2002, Tanggal 19 April 2001
tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor :
087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002
Tentang Akreditasi Sekolah
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor :
084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor :
125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
penyusunan program kerja ini adalah :
·
Memberikan gambaran yang jelas tentang
hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta
masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun ( jangka
panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2006/2007 (jangka
pendek).
·
Sebagai pedoman kerja semua personil sekolah
dalam melaksanakan tugas mengajar, megelola dan membina kegiatan pelajaran
tahun pelajaran 2006/2007.
Tujuan program kerja ini :
·
Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam
melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung
·
Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan
sekolah
·
Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja
·
Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan
kebijakan dan keputusan pimpinan.
D. RUANG LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup
program kerja ini meliputi :
a.
Program kerja jangka panjang ( 8 tahunan )
b.
Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c.
Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan )
E. SASARAN PROGRAM
Sasaran program
kerja ini adalah memperlancar kegiatan sekolah yang meliputi ke tiga program
kerja tersebut.
BAB
II
PROFIL
SEKOLAH
A.
Visi Misi dan Tujuan Sekolah
a.
Visi
Sekolah
Terdidik, Terlatih Berdasarkan Iman dan
Taqwa (TERBIT).
b.
Misi
Sekolah
q Meningkatkan
kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
q Memberikan
keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma
ajaran agama yang dianutnya.
q Menumbuhkan
pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam
bertindak.
q Melaksanakan
proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
q Memberikan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme
dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
q Memberikan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas
siswa baik secara akademik maupun non akademik.
q Melaksanakan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai
dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.
c.
Tujuan
Sekolah
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan
masyarakat.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat
Kabupaten.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke
Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan
Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada
instansi pemerintah maupun swasta.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi
maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu
hidup secara mandiri.
B.
DATA SEKOLAH
1.
Nama Sekolah : SMAN 1 Cikembar
2.
Status :
Negeri
3.
N I S :
300070
4.
NSS :
301020614007
5.
Alamat Sekolah : Jl.Pelabuan.II Km.20
Desa : Cikembar
Kabupaten/Kota : Kabupaten Sukabumi
Propinsi : Jawa Barat
Nomor
Telpon : (0266)321632
6.
Nomor Rekening : 0006-041952-101
Nama
Bank : Bank JABAR
Cabang Sukabumi
B.
KEPALA SEKOLAH
Identitas Diri
1.
Nama Lengkap : Drs.H.ROSIM
2.
NIP :
131260906
3.
Pangkat Gol./Ruang : Pembina/IV.b
4.
Tempat/Tgl.lahir : Sumedang, 20 Okktober 1959
5.
Jenis Kelamin : Laki-laki
6.
Agama :
Islam
7.
Status Perkawinan : Kawin
8.
Alamat Rumah : Jl. Purwasedar Jampang Kulon
Nomor
Telpon : (0266)490281
Riwayat Pendidikan
No
|
Jenis
Pendidikan
|
Tahun
Tamat
|
Tempat
|
Keterangan
|
1
|
SD
Negeri
|
1972
|
Sumedang
|
Berizajah
|
2
|
SMP
Negeri
|
1975
|
Sumedang
|
Berizajah
|
3
|
SMA
Negeri
|
1979
|
Sumedang
|
Berizajah
|
4
|
IKIP
Negeri
|
1990
|
Bandung
|
Berizajah
S1/A.IV
|
C.
Sumber Daya Tenaga Edukatif dan Administratif
1.
Data Keadaan Guru Tahun Pelajaran 2005/2006 terlampir
2.
Data Kelebihan Kekurangan Guru (DSO) terlampir
3.
Data Tenaga Administratif terlampir
D.
Data Siswa
1.
Jumlah Rombongan Belajar : 21 Rombongan Belajar
Kelas X : 7 Rombongan Belajar
Kelas XI : 7 Rombongan Belajar
Kelas XI IPA : 3 Rombongan Belajar
Kelas XI IPS : 3 Rombongan Belajar
Kelas Bahasa : 1 Rombongan Belajar
Kelas XII : 7 Rombongan Belajar
Kelas XII IPA : 2 Rombongan Belajar
Kelas XII IPS : 5 Rombongan Belajar
2.
Jumlah Siswa
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
X
|
120
|
176
|
296
|
XI IPA
|
43
|
66
|
109
|
XI IPS
|
96
|
66
|
162
|
III IPA
|
26
|
45
|
71
|
III IPS
|
119
|
95
|
214
|
Jumlah
|
404
|
448
|
852
|
3.
Jumlah Penerima Beasiswa : 98 Orang
a.
Prestasi :
15 Orang
b.
BKM :
80 Orang
c.
Dekdikbud : 3
Orang
E.
Daftar Tamatan
Tahun
pelajaran
|
Tamatan
(%)
|
Rerata NEM /
UAN
|
Siswa yang
lanjut ke PT (%)
|
Jumlah
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jumlah
|
Target
|
2001/2002
|
100
|
100
|
32,32
|
32,75
|
11
|
15
|
2002/2003
|
96
|
100
|
67,587
|
68,587
|
15
|
20
|
2003/2004
|
100
|
100
|
68,50
|
69,00
|
25
|
30
|
2004/2005
|
100
|
100
|
|
|
|
|
F.
Kegiatan Ekstrakulikuler Yang Diselenggarakan
Sekolah
1.
Pramuka
2.
Palang Merah Remaja
3.
Remaja Masjid
4.
Kelompok Ilmiah Remaja
5.
Olah Raga
G.
Prestasi Yang Diperoleh Siswa-Siswi SMAN I
Cikembar
Tahun
|
Bidang
|
0Prestasi
|
Keterangan
|
2001/2002
|
Olah Raga
|
Juara II Sepak
Bola
|
Ko/Kab.
|
2002/2003
|
LKBB
Kesenian
|
Juara 3
Juara 3 Chers
Leaders
Masuk 10 besar
|
Kab.
Kab
|
2003/2004
|
Akademik
|
Juara I Cerdas
Cermat Kimia.
|
Ko/Kab
|
Ekstra
Kurikuler
|
Juara I LCTK
PMR
Juara II Du
Wira PMR
Juara I Jejak
Pramuka
Juara II Jejak
Pramuka
Juara II Lomba
Lagu Pendidikan
Juara II LKBB
Paskibra
|
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
|
Olah Raga
|
Juara I Bola
Voly (GIBAS CUP)
Juara II Bola
Voly (GEBYAR SMANSA)
Juara II Bola
Voly (STAI Darus Salam)
|
Ko/Kab
Ko/Kab
Ko/Kab
|
2005/2006
|
Olah Raga
|
Juara 1 Putri
Bola Volly Gebyar SEMANTI
Juara 1 Putri
Bola Volly Gebyar SEMANSA
|
Ko/Kab
Ko/Kab
|
H.
Sarana
dan Prasarana
Gedung /ruang
|
Jumlah
|
Luas (m2)
|
Keterangan
|
Baik
|
Rusak
|
Teori/Kelas
|
16
|
936
|
10
|
6
|
Ruang Guru
|
1
|
120
|
1
|
-
|
R.Tata Usaha
|
1
|
42
|
1
|
-
|
R.Kep.Sekolah
|
1
|
24
|
1
|
-
|
Ruang Osis
|
1
|
36
|
1
|
-
|
R.Kesiswaan
|
1
|
12
|
1
|
-
|
Ruang BP
|
1
|
6
|
1
|
-
|
Laboratorium
|
1
|
120
|
1
|
-
|
Perustakaan
|
1
|
120
|
1
|
-
|
Ibadah
|
1
|
110
|
1
|
-
|
TI
|
1
|
72
|
1
|
-
|
Toilet
|
6
|
24
|
2
|
4
|
BAB II
PROGRAM JANGKA PANJANG DAN
JANGKA MENENGAH
A. PROGRAM JANGKA PANJANG SMA NEGERI 1
CIKEMBAR PERIODE TAHUN 2006/2007
Prioritas program kegiatan jangka panjang tahun 2006/2007 dititik
beratkan pada peningkatan mutu, meliputi :
1.
Menyusun strategi pelaksanaan pengembangan profesional
guru dan TU melalui IHT, penataran, diklat, seminar maupun pendidikan jalur
strata.
2.
Melengkapi dokumen kurikululm 2004 dengan kurikulum
internasional
3.
Meneyelenggarakan sekolah sekolah yang berstandar
internasional
4.
Mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum 2004 secara
lengkap dan menyeluruh
5.
Meningkatkan kompetensi guru dalam rangka pelaksanaan
KSPBK dan life skill
6.
Mengembangakan model pembelajaran melalui jaringan
internet (website)
7.
Merencanakan dan melaksanakan ujian nasional dan dapat
mengatasi permasalahan yang timbul pada tahap proses kelulusan.
8.
Identifikasi impikasi pelaksaan kurikulum berbasis
kompetensi terhadap manajemen sekolah.
9.
Merenvanakan dan melaksanakan School Reform and Classroom dalam kontek MPMBS.
10. Mengembangkan
sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi
diri.
11. Mengembangkan
manajemen sekolah yang transparan, akuntabilitas, kolaborasi, kemandirian,
kondusif, berdasarkan kontek MPMBS
12. Mengembangkan
kultur sekolah yang kondusif dan memotivikasi belajar siswa serta mengembangkan
hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
13. Pengembangan
program inovasi dan kreativitas siswa serta program pemberantasan narkoba dan
sex bebas.
14. Mengembangkan
administrasi sekolah melalui komputerisasi data dan jaringan internet.
15. Melengkapi
bangunan gedung sekolah.
16. Melengkapi
bangunan Lab IPA
17. Membangun
Gedung olah raga dan kesenian
B. PROGRAM JANGKA MENENGAH SMA NEGERI 1
CIKEMBAR PERIODE TAHUN 2006/2007
No
|
Jenis
Program
|
Uraian
Program
|
Strategi
|
1.
|
Kurikulum dan Pembelajaran
|
· Pengembangan Kurikululm nasional
dan mengadopsi kurikulum internasional
· Peningkatan mutu proses
pembelajaran
|
1. Memberdayakan fungsi litbang
2. Mengadakan workshop
3. Mengadakan study banding
4. Merevitalisasi internet
1. Mengadakan IHT
2. Merevitalisasi MGMP dan MGP
3. Melaksanakan clasroom reform
4. Retorientasi pembelajaran
5. Melaksanakan penelitian tindakan
kelas
6. Mengadakan supervisi kelas
7. Melengkapi media, sumber alat dan
ajar
|
2.
|
Kesiswaan
|
· Organisasi kesiswaan
· Latihan kepemimpinan
· Ekstrakulikuler
· Kegiatan wawasan wiyatamandala
|
1. Meningkatkan organisasi yang berorientasi
pada iptek dan imtak
2. mengadakan hubungan kerjasama
dengan organisasi serupa di luar negeri
3. meningkatkan peran serta dan
inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wawasan
wiyatamandala
4. mengadakan IHT kepemimpinan siswa
5. Mengadakan studi banding ke
organisasi OSIS lain yang sudah mapan
6. Memiliki jumlah dan mutu
ekstrakulikuler yang memadai
7. Mendirikan kelompok ilmiah remaja
8. mengadakan lomba K6 tiap tahun
9. Meningkatkan interaksi yang
harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan
|
3.
|
Ketenagaan
|
Peningkatan profesionalisme guru dan karyawan
|
1. Pembinaan secara rutin
2. Mengadakan Work Shop
3. Mengadakan IHT
4. Mengikutsertakan guru dan staf TU ke penataran, pelatihan, seminar, dan
MGMP/MGP
5. Melengkapi referensi sesuai dengan
kebutuhan
6. supervisi internal secara berkala
|
4.
|
Sarana prasarana
|
· Pengadaan sumber, media, alat
pembelajaran sesuai SPM
· Membangun lab bahasa, lab. Biologi,
lab. Kimia dan fisika
· Membangun gedung olah raga dan
kesenian
· Menata taman belajar
· Memperluas jaringan internet
|
1. Menginventasi sarana dan prasarana
yang ada
2. merencanakan pemeliharaan pengadaan
dan rehabilitasi sapras
3. mengadakan pemeliharaan,
rehabilitasi dan pengadaan sapras
|
5.
|
Daya dan Biaya
|
· Bersama komite sekolah melakukan
penggalangan dana dari ; Orang tua siswa, masyarakat, dunia usaha
· Mengajukan permohonan bantuan dana
dari APBN dan APBD
· Menghimpun dana abadi pendidikan
|
1. Menyusun RAS dan DAS sekolah
2. Memilih petugas yang cakap dan
jujur
3. menyelenggarakan pengadmistrasian
keuangan yang transparan dan akuntabilitas
4. Membuat lap. keuangan
|
6.
|
Manajemen
|
· Melaksanakan School reform and classroom reform
· Melaksanakan action reseacrh
· Mengadakan supervisi internal
|
1. Menyusun program perencanaan
2. pengorganisasian staf
3. Pengadminstrasian
4. Pelaksanaan kegiatan
5. Evaluasi kegiatan
|
7.
|
Hubungan Masyarakat
|
· Pertemuan komite sekolah ; Rapat
pleno, Rapat bulanan, Rapat khusus.
· Hubungan kerjasama dengan ; lembaga pendidikan, dunia
usaha/kerja dan instasi terkait.
|
1. Pertemuan rutin dan berkala dengan
komite sekolah
2. Mengadakan dan memperbaharui MOU
dengan rekanan
3. Mengevaluasi hasil kerja.
|
BAB III
PROGRAM KERJA TAHUNAN
C.
Visi Misi dan Tujuan Sekolah
d.
Visi
Sekolah
Terdidik, Terlatih Berdasarkan Iman dan
Taqwa (TERBIT).
e.
Misi
Sekolah
q Meningkatkan
kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
q Memberikan
keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma
ajaran agama yang dianutnya.
q Menumbuhkan
pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam
bertindak.
q Melaksanakan
proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
q Memberikan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme
dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
q Memberikan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas
siswa baik secara akademik maupun non akademik.
q Melaksanakan
pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai
dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.
f.
Tujuan
Sekolah
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan
masyarakat.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat
Kabupaten.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke
Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke
Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada
instansi pemerintah maupun swasta.
q Pada
tahun pelajaran 2006/2007 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi
maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu
hidup secara mandiri.
D.
IDENTITFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI
SEKOLAH
1.
Perangkat Kurikulum Tahun 2004 belum lengkap, tantangan nyata; perlu melengkapi
perangkat kurikulum tahun 2005.
2.
Belum memiliki Dokumen/perangkat kurikulum sekolah
berstandar internasional, tantangan nyata: Perlu mengupayakan tersedianya
dokumen/perangkat kurikulum sekolah berstandar internasional.
3.
Masih adanya guru dan Tata Usaha yang masih belum
faham tentang kurikulum dan sistem pengujian berbasis kompetensi, tantangan
nyata: perlu adanya sosialisasi implementasi kurikulum dan sistem pengujian
berbasis kompetensi (KSPBK) dan pembekalan kecakapan hidup (life skill) melalui
penataran.
4.
Kompetensi guru terhadap KSPBK masih kurang,
tantangan nyata: perlu adanya peningkatan kompetensi guru dalam rangka
persiapan pelaksanaan KSPBK dan life skill melalaui penataran.
5.
Silabus untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
belum tersusun, tantangan nyata: Melalui In House Training (IHT) perlu diadakan
penyusunan silabus berdasarkan KurikulumBerasis Kompetensi (KBK) untuk setiap
mata pelajaran yang telah megintegrasikan life skill.
6.
Belum tersusunnya perangkat perangkat penilaian
berdasrakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, tantangan nyata: Melaui MGMP perlu
penyusunan perangkat Penilaian Berbasis Kompetensi untuk setiap mata pelajaran
yang telah mengintegrasikan life skill.
7.
Penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan
masih belum optimal dilaksanakan oleh guru, tantangan nyata: optimalisasi
penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan (joyful learning).
8.
Komputerisasi data personil dan data siswa belum
lengkap dan menyeluruh, tantangan nyata: peningkatan komputerisasi data
personil dan data siswa yang lengkap dan menyeluruh.
9.
Belum optimalnya pemberdayaan administrasi dan
manajemen sekolah, tantangan nyata: mengoptimalkan pemberdayaan administrasi
dan menajemen sekolah.
10.
Belum memiliki rekanan kerjasama dengan lembaga pendidikan
di luar negeri, tantangan nyata: mengadakan rekanan dengan lembaga pendidikan yang berada
di luar negeri/lembaga pendidikan di dalam negeri yang berstandar.
11.
Pada saat ini memiliki 1 ruang laboratorium IPA
(Kimia) yang kondisi ruangannya rusak berat dan satu laboratorium komputer yang
peralatannya belum legkap, tantangan nyata: 1) membangun 2 Ruang laboratorium
IPA (Fisika dan Biolgi) serta melengkapi meubelair dan peralatannya, 2)
melengkapi peralatan Laboratorium Komputer, 3) membangun Laboratorium Bahasa
dengan meubelair dan peralatannya.
12.
Pagar depan sekolah yang belum tertata dengan
rapi, tantangan nyata: menata pagar depan sekolah agar terlihat rapi.
13.
Sekolah belum memiliki jaringan air bersih yang
dapat mencukupi seluruh kebutuhan warga sekolah, tantangan nyata: pengadaan
jaringan air bersih melalui peralonisasi.
14.
Sekolah memiliki halaman yang luas, tetapi belum
tertata dengan baik, tantangan nyata: menata ulang halaman sekolah agar indah,
rapi, bersih dan nayaman.
15.
Sekolah belum memanfaatkan kebun sekolah yang
luasnya kurang lebih 1 (satu) hektar untuk kegiatan pembelajaran dengan baik,
tantangan nyata: menata dan merenovasi kebun menjadi taman baca dan tempat
kegiatan prose pembelajaran yang sejuk, nyaman dan rindang.
16.
Kekurangan 4 (empat) lokal kelas yang memiliki
fasilitas dan berstandar iternasioal dan memadai, tantangan nyata: Membangun 4
(emoat) lokal ruag yang dilengkapai oleh meubelair dan peralatan berstandar
internasional.
17.
Sumber, media, dan alat pembelajaran berupa 3
(tiga) buah televisi, 3 (tiga) buah VCD, 1 (satu) buahn in focus dan 1 (satu)
buah laptop serta melengkapi alat pembelajaran yang berteknologi tinggi.
18.
Masih ada guru yang kualifikasinya di bawah S-1,
tantangan nyata: sekolah memfasilitasi tenaga guru untuk meningkatkan kinerja
guru melalui studi lanjut.
19.
Profesioalisme guru dan tenaga tata usaha belum
maksimal, tantangan nyata: memfasilitasi tenaga guru dan tata usaha untuk
mengembangkan profesionalisme melalui IHT, Work Shop, Pelatihan, Penataran dan
sejenisnya.
20.
Juumlah guru mata pelajaran yang statusnya PNS
masih kurang, tantangan nyata: Mengusulkan agar secepatnya mengadakan
pengengkatan guru PNS untuk SMA Negeri 1 Cikembar.
21.
Jumlah Personil Tata Usaha masih kurang, tantangan
nyata: melengkapi jumlah personil melalui pengangkatan PNS/Honorer.
22.
Belum memiliki tenaga laboran, tantangan nyata:
mengangkat 1 (satu) orang tenaga laboran.
23.
Belum memiliki tenaga khusu keamanan, tantangan
nyata: mengangkat 1 (satu) tenaga keamanan / SATPAM.
24.
Rata-rata siswa yang fasih berbicara Bahasa
Inggris pada saat ini 5%, tantangan nyata: pada tahun 2005 jumlah siswa yang
fasih berbicara Bahasa Ingrris 30%.
25.
Pada saat ini belum memiliki kelompok siswa yang
bergabung dengan English Club, tantangan nyata: Pada Tahun 2006 telah memiliki
kelompok siswa yang tergabug dengan English Club.
26.
Pada saat ini hanya memiliki 1 siswa yang lolos ke
Olympiade IPA ke tingkat Kabupaten, tantangan nyata: tahun 2006 memiliki 6
(enam) siswa yang lolos tingkat Kabupaten dan menjadi wakil kabupaten untuk
tingkat propinsi.
27.
Pada saat ini belum memiliki siswa yang
berprestasi dalam berbagai lomba kebahasaan tingkat propinsi, tantangan nyata:
pada tahun 2006 memiliki sejumlah siswa yang berprestasi dalam bidang bahasa
tingkat propinsi.
28.
Pada saat ini belum mampu meraih kegiatan olahraga yang berprestasi pada
tingkat provinsi, tantangan nyata: meningkatkan prestasi dalam bidang olah raga
sampai tingkat nasional.
29.
Budaya baca pada siswa masih rendah, tantangan
nyata: Meningkatkan gemar membaca pada siswa melalui program 1 jam wajib
baca/minggu.
30.
Dana yang tersedia untuk peningkatan profesional
guru dan staff tata usaha masih rendag, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan
dana untuk mengembangkan profesionil sekolah.
31.
Dana untuk peningkatan kreativitas dan kualitas
belajar siswa masih rendah, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan
dana/biaya untuk pengembangan kreativitas siswa dan peningkatan kualitas
belajar siswa.
32.
Sekolah belum memiliki dana abadi, tantangan
nyata: merintis tersedianya dana abadi.
33.
Pada Tahun Ajaran 2004-2005 siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit
hanya 10%, tantangan nyata: Pada Tahun Ajaran 2005/2006 diupayakan meningkat
menjadi 20%.
34.
Pada saat ini belum memiliki group nasyid,
tantangan nyata: membentuk dan melatih 2 group kesenian nasyid.
35.
Membina hubungan kerjasama dengan Komite Sekolah,
orang tua dan masyarakat, Tantangan nyata: meningkatkan hubungan kerjasama yang
harmonis antara sekolah, komite sekolah, orang tua dan masyarakat.
36.
Sekolah belum memiliki forum komunikasi dengan
alumni yang permanen, tantangan nyata: membentuk forum komunikasi alumni SMA
Negeri 1 cikembar yang permanen.
37.
Kultur sekolah belum terealisasikan dalam
keseluruhan aktivitas sekolah, tantangan nyata: membangun kultur sekolah yang
terinternalisasikan dalam keseluruhan aktifitas sekolah dan menjafi bagian yang
tidak terpisahkan dengan warga sekolah.
E.
SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH.
Sasaran SMA
Negeri 1 Cikembar untuk Tahun 2006/2007 adalah sebagai berikut:
1.
Melengkapi perangkat kurikulum
2.
Mengupayakan tersedianya dokumen/perangkat
kurikulum sekolah yang berstandar internasional.
3.
Melaksanakan sosiasilasi dan impelementasi KSPBK
dan Life Skill.
4.
Peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan
KSPBK dan life skill.
5.
Mengadakan IHT untuk menyusun perangkat penilaian
berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life
skill.
6.
Melaksanakan MGMP untuk menyusun perangkat
penilaian berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan
life skill.
7.
Mengoptimakan penggunaan metode yang bervariasi
dan menyenangkan (Joyfull learning).
8.
Peningkatan komputerisasi data personil dan data
siswa yang lengkap dan meyeluruh.
9.
Mengoptimalkan pemberdayaan administrasi dan
menejemen sekolah.
10.
Mengadakan rekanan dengan lembaga pendidikan yang
berada di luar negeri/di dalam negeri yang berstandar internasional.
11.
Melengkapi laboratorium fisika dan laboratorium
komputer, serta membuat laboratorium biologi, kimia, dan bahasa.
12.
Pengadaan jaringan air bersih.
13.
Penataan halamn sekolah.
14.
Menata dan merenovasi kebun sekolah menjadi taman
baca dan tempat kegiatan belajar mengajar.
15.
membangun 4 (empat) lokal ruang kelas yang
dilengkapi dengan peralatan yang berstandar internasional.
16.
Melengkapi sumber, media dan alat pembelajaran.
17.
Memfasilitasi guru untuk meningkatkan kinerja
sesuai dengan bidangnya.
18.
Memfasilitasi guru dan tenaga TU untuk
mengembangkan profesioalismenya.
19.
Mengusulkan penempatan guru PNS di SMA Negeri 1
Cikembar.
20.
Melengkapi jumlah personil TU.
21.
Mengangkat tenaga laboran.
22.
Mengangkat tenaga satuan pengamanan
23.
Memiliki 30% siswa yang fasih berbahasa Inggris
24.
Memiliki kelompok siswa yang tergabung dalam
English Club.
25.
Memiliki siswa yang lolos seleksi Olympiade IPA
tingkat kabupaten dan propinsi.
26.
Memiliki siswa yang berprestasi di bidang bahasa
tingkat propinsi.
27.
Peningkatan prestasi olahraga I tingkat nasional.
28.
Menigkatkan budaya baca di lingkungan sekolah.
29.
Peningkatan dana untuk mengembangkan
profesionalisme personil sekolah.
30.
Peningkatan dana untuk pengembangan kreativitas
siswa dan kualitas belajar siswa.
31.
Merintis tersedianya dana abadi.
32.
Meningkatkan jumlah siswa lulusan yang diterima di
Perguruan Tinggi negeri favorit.
33.
Membentuk Group nasyid.
34.
Meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah,
komite sekolah, orang tua dan masyarakat.
35.
Membentuk forum komunikasi Alumni SMA Negeri 1
Cikembar
36.
Membangun kultur sekolah yang berinternalisasikan
dalam seluruh aktivitas sekolah.
1 comments:
Write commentsterimakasih ilmunya,siap untukmaju
ReplyEmoticonEmoticon