Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi sebagai berikut:
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN KESISWAAN
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1. Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), meliputi: Kepramukaan, PMR, KIR, UKS, PKS, Paskibraka, pesantren kilat
2. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
4. Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan insidental
5. Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
6. Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa
7. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
8. Mengatur mutasi siswa
9. Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
10. Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah
11. Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasiMembuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala
Demikian tadi adalah Tupoksi Kesiswaan. Sedangkan untuk ruang lingkup pembinaan kesiswaan kurang lebih seperti berikut. Dalam mengoptimalkan pembinaan kesiswaan, terdapat 4 jalur pembinaan yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
1. OSIS
OSIS merupakan tempat atau wadah
kehidupan berkelompok siswa dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan bersama. Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem yang ditandai
beberapa ciri-ciri pokok, yaitu :
- Berorientasi pada tujuan
- Memeiliki susunan kehidupan kelompok
- Terkoordinir
- Berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu
Pada umumnya tujuan pembinaan
kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif peserta didik untuk
menjaga dan membina sekolah sebagai wiyata mandala sehingga terhindar dari
usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kehidupan nasional, menumbuhkan
daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar
maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.
2. WAWASAN WIYATA
MANDALA
Wawasan wiyata mandala merupakan
wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan yang bersifat mengikat
setiap warga sekolah sebagi suatu wahana menuju tercapainya tujuan pendidikan.
Dengan demikian WWM harus dapat menjamin semua unsur-unsur penunjang yang
akhirnya akan bermuara pada kondsi dinamis kehidupan sekolah.
Pencapaian tujuan pendidikan yang
diharapkan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga
sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat
penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan
meningkatkan nilai (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai
pengetahuan.
Unsur-unsur dari WWM yang merupakan
satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan dan saling terkait dan saling
mempengaruhi adalah :
- Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif
- Terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah
- Tertatanya Lingkungan Sekolah yang sehat
3. KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi
managemen yang tidak lain merupakan suatu kiat atau wibawa seseorang yang mampu
menggerakan orang lain, baik secara peorangan maupun kelompok di dalam suatu
organisasi.
Dilihat dari prosesnya kepemimpinan
merupakan suatu proses mengarahkan, dipimpin dan mempengaruhi dalam memilih dan
mencapai tujuan. Sementara kalau di tinjau dari tugas yang diemban,
kepemimpinan adalah kemampuan guna mempengaruhi dan menggerakkan individu atau
sekelompok orang untuk dapat melaksanakan perannya dalam upaya mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
Keberhasilan kepemimpinan seseorang
akan banyak ditentukan oleh sejauh mana penguasaan seorang pemimpin terhadap
pencapaian proses dan tujuan yang dicapai. Sebagai indicator keberhasilan
tersebut, maka dapat dilihat dari pencapaian keberhasilan unsure-unsur yang ada
di dalamnya, seperti :
a.
Kesadaran terhadap pribadi dirinya, terhadap orang lain dan
situasi yang ada disekitarnya
b.
Kesadaran terhadap berbagai macam kesulitan yang diahadapi,
persepasi dan kounikasi yang tepat
c. Kelanturan dan
fleksibilitas mental
d. Kecakapan untuk
memecahkan masalah
e. Kemauan untuk
mengambil tindakan
f.
Kemauan untuk bekerja.
Berbagai bentuk kegiatan yang mengarah kepada indikator
seperti diuraikan di atas, yaitu seperti :
- Latihan Dasar Kepemimpinan
- Kelompok Ilmiah Remaja
- Cearamah /Kultum (Kuliah Tujuh menit)
- Memimpin Dzikir setelah sholat Dzuhur
4. EKSTRAKURIKULER
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan
di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah yang didilakukan di
lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ekstrakurikuler juga
merupakan salah satu jalur dalam membina siswa yang bertujuan sebagai berikut :
- Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuian siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. (terlampir)
- Untuk melengkapi upaya pembinaan , pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian siswa. (terlampir)
- Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.
EmoticonEmoticon