Dokumen penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif Sekolah

Setiap sekolah diwajibkan untuk menciptakan suasana, iklim dan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu diadakan upaya-upaya kegiatan untuk membuat suasana kondusif seperti yang diharapkan.

Kegiatan yang diadakan dapat meliputi kegiatan Baris-berbaris, pelatihan kedisiplinan, penanaman nilai kebangsaan, maupun penciptaan lingkungan yang bersih.

Dokumen penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif Sekolah dapat anda siapkan berikut ini :
1. Foto dan dokumentasi kegiatan baris berbaris. Anda bisa menyiapkan Foto, Daftar Presensi Siswa dan Jadwal pelaksanaan pelatihan baris berbaris. Seandainya sekolah melibatkan Polres/Polsek sebagai pelatih, akan lebih baik jika dilampiri surat permohonan pelatih baris-berbaris beserta presensi pelatih pada saat latihan.

2. Penanaman nilai kebangsaan bisa dilakukan dengan menunjukkan bukti kunjungan ke museum dan sejenisnya. Jangan lupa dokumentasi kegiatan seperti foto, daftar hadir siswa, dan permohonan kunjungan ke museum yang didatangi. Kunjungan ke museum ini juga bisa dibuktikan dengan tugas yang dikumpulkan siswa selama kunjungan ke museum.

3. Penciptaan lingkungan yang bersih dapat dibuktikan dengan dokumentasi kegiatan kerja bakti, Jumat bersih dan sejenisnya. Dokumen berupa foto, jadwal piket, jadwal petugas Jumat bersih menjadi nilai plus dalam dokumen penciptaan lingkungan yang bersih. Begitu pula dengan penyediaan bak sampah terpisah dan kondisi lingkungan sekolah yang rapi juga menjadi bukti fisik pada poin ini.

Sebenanya masih banyak kegiatan yang berhubungan dengan penciptaan lingkungan yang kondusif di sekolah ini, karena hampir semua sekolah pasti mempunyai kebijakan masing-masing dalam upaya memaksimalkan kegiatan belajar - mengajar.

Demikian uraian singkat tentang dokumen penciptaan suasana kondusif di sekolah, anda barangkali bisa mengumpulkan lebih banyak lagi dokumentasi kegiatan untuk membuktikan poin yang dimaksud. Karena sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan dokumentasi kegiatan yang sudah terlaksana.
http://adf.ly/1LL4lt

Semoga Bermanfaat, Salam!
Previous
Next Post »